Selasa, 29 Mei 2012

blog...


Blog
Apa yang dimaksud dengan blog? Blog adalah istilah yang berasal dari dua kata yakni web dan log. Web berarti sebagai situs di internet dan log berarti catatan pribadi /catatan harian. Jadi, blog dapat diartikan secara singkat sebagai situs yang berisi catatan/jurnal pribadi. Orang yang melakukan kegiatan blog disebut blogger, sedangkan kata kerja atau kegiatan membuat  blog disebut blogging, atau di sini lebih popular dengan istilah ngeblog, dan alat atau software yang digunakan untuk membuat blog biasa disebut sebagai blog tools.
Sejarah blog
istilah blog yang pertama kali digunakan oleh seorang Jorn Barger pada 17 Desember 1997 dan pertama kali diperkenalkan secara tidak sengaja oleh Peter Merholz.
Salah satu blog tertua diantara 100 weblog adalah Xanga yang berdiri tahun 1997. dua tahun kemudian blog semakin popular semenjak Evan Williams dan Meg Hourihan membuat blog tools yang disebut dengan blogger sehingga setiap orang bisa membuat blog miliknya sendiri, dan  pada tahun 2004 blogger sudah dibeli oleh Google.
setelah itu blog  semakin berkembang  pesat seiring dengan manfaat blog yang begitu pesat sebagai tempat memuat tulisan-tulisan yang sudah dirangkai dengan baik oleh seseorang. Blog juga banyak dimanfaatkan dalam berbagai bidang  misal edukasi, politik ekonomi dan terutama jurnalistik. Selain itu blog  juga menjadi media menyampaikan  informasi, ide, dan hiburan.
Jenis – jenisa blog berdasarkan fungsinya
  • Blog Politik: Tentang berita, politik, aktivis, dan semua persoalan berbasis blog (Seperti kampanye)
  • Personal Blog/online diary : Disebut juga buku harian online yang berisikan tentang pengalaman keseharian seseorang, keluhan, puisi atau syair, gagasan jahat,dan perbincangan teman.
  • Blog bertopik : Blog yang membahas tentang sesuatu, dan fokus pada bahasan tertentu.
  • Blog kesehatan : Lebih spesifik tentang kesehatan. Blog kesehatan kebanyakan berisi tentang keluhan pasien, berita kesehatan terbaru, keterangan-ketarangan tentang kesehatan
  • Blog sastra : Lebih dikenal sebagai litblog (Literary blog).
  • Blog spam : Digunakan untuk promosi bisnis affiliate; juga dikenal sebagai splogs (Spam Blog)
  • Project/Product Blog
    Blog perusahaan yang berisi kebijakan
Ada beberapa layanan yang bisa kita gunakan untuk membuat blog yaitu 
1. http://www.blogger.com 
2. http://www.typepad.com 
3.  http://www.livejournal.com 
4. http://www.wordpress.com 
5. http://spaces.live.com 
dan masih bnyak yang lainya seperti blogsome, blogboleh,,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar